Belajar Komputer | Materi TIK (SLTP, SMA, Perkuliyahan | Software dan Hardware | Jaringan Internet | Aplikasi dan Download

Macam-macam atau Jenis Komputer

A. GENERASI KOMPUTER
Berdasarkan Generasinya, komputer dapat dikelompokkan menjadi beberapa generasi, yaitu generasipertama sampai dengan generasi kelima.
1. Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin. Komputer ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama di dunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2,4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts yang tersusun sekitar 18.000 tabung hampa. Mesin ini mampu menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 15 detik jika dikerjakan dengan tangan manusia dapat menghabiskan waktu sekitar 10 jam.
2. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
Komputer generasi ini ditandai dengan penggunaan transistor sebagai komponen elektroniknya. Dengan demikian ukuran komputer menjadi lebih kecil, lebih cepat, dan lebih hemat biayanya. Penggunaan transistor pada komputer dimulai sejak tahun 1956. Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar dipasaran. Komputer IBM- 7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor.
3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
Ciri khas generasi ketiga adalah komputer menggunakan IC (Integrated Circuit) atau IC Chip. IC adalah ribuan transistor yang memilikiki ukuran beberapa milimeter (silicium) yang digabungkan. Komputer pertama yang menggunakan teknologi IC adalah IBM S-360 pada tahun 1964.
4. Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)
Microprocessor merupakan ciri khas komputer generasi ke-empat yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip. Oleh karena bentuk yang semakin kecil dan kemampuan yang semakin meningkat meningkat dan harga yang ditawarkan juga semakin murah. Microprocessor merupakan awal kelahiran komputer personal. Pada tahun 1971, Intel Corp. kemudian mengembangkan microprocessor pertama seri 4004. Contoh dari generasi ini adalah Intel Pentium 4.
5. Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi ini merupakan komputer masa depan, pada generasi ini, komputer mempunyai lebih banyak unit pemrosesan yang berfungsi serentak untuk menyelesaikan lebih dari satu instruksi. Komputer ini seolah-olah dapat berfikir sendiri mengenai cara-cara untuk menyelesaikan suatu masalah tanpa memerlukan banyak bantuan manusia. Lebih praktis, lebih ringan, lebih mutakhir dari segi teknologinya, serta akan semakin murah. Bahkan bukan suatu yang mustahil dari segi ukuran dapat dimasukkan kedalam saku baju sehingga sangat praktis untuk dibawa kemana-mana.
1 Komentar untuk "Macam-macam atau Jenis Komputer"

Back To Top