Belajar Komputer | Materi TIK (SLTP, SMA, Perkuliyahan | Software dan Hardware | Jaringan Internet | Aplikasi dan Download

Macam-macam dan Pengertian Jaringan Komputer Berdasarkan Area Kerja

A. JARINGAN BERDASARKAN AREA KERJA

Jaringan komputer berdasarkan area kerjanya dapat dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu sebagai berikut:

1. Local Area Network (LAN)

Jaringan ini merupakan jaringan kecil seperti dalam suatu ruangan, gedung atau kampus yang mencakup wilayah beberapa kilometer saja. Local Area Network atau LAN sering kali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer dalam suatu perusahaan, supaya setiap bagian dari perusahaan tersebut dapat saling berkomunikasi dan bertukar data.
http://materitik78.blogspot.com/

2. Metropolitan Area Network (MAN)

Jaringan ini merupakan jaringan LAN dengan ukuran yang lebih besar. Mencakup beberapa kilometer melebihi LAN. Metropolitan Area Network (MAN) sering kali digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dalam suatu kota.
http://materitik78.blogspot.com/

3. Wide Area Network (WAN)

Wide Are Network atau WAN merupakan jaringan yang lebih besar lagi dari MAN. Biasanya jaringan ini mencakup beberapa negara bahkan lintas benua. Sebenarnya, kumpulan jaringan komputer yang saling berhubungan di dunia ini WAN dapat kita katakan sebagai internet atau interconnection networking apabila menggunakan protokol TCP/IP.
http://materitik78.blogspot.com/

0 Komentar untuk "Macam-macam dan Pengertian Jaringan Komputer Berdasarkan Area Kerja"

Back To Top