Belajar Komputer | Materi TIK (SLTP, SMA, Perkuliyahan | Software dan Hardware | Jaringan Internet | Aplikasi dan Download

Layanan Lain di Internet beserta fungsinya

Layanan Lain di Internet beserta fungsinya ~ selain macam-macam layanan di internet, internet juga mempunyai layanan yang lain walaupun fungsin sebetulnya hampir sama yang membedakan yang paling dominan di prosesnya. Didalam internet yang paling penting di kecepatan akses internet dan bagaimana cara mempercepat akses internet. selanjutnya yuk kita baca selengkapnya tentang layanan ini.
http://materitik78.blogspot.com/

Layanan Lain di Internet beserta fungsinya

1. Bulletin Board Service (BBS)

BBS dapat menyediakan informasi berbagai bidang seperti pendidikan,vekonomi, sosial budaya, dan lain-lain dengan menggunakan jaringan telepon sebagai medianya. Selain informasinya yang lengkap, kita juga dapat berdiskusi mengenai topik tertentu. Dengan layanan BBS ini, kita bisa membaca informasi yang diperoleh lebih tenang, bahkan kita bisa mengoleksinya dalam komputer kita dengan cara men-download atau upload berita tersebut.

2. USENET

Layanan USENET adalah layanan BBS berbasis pesan yang sangat besar. Fasilitas ini memungkinkan pemakai dapat berdiskusi dengan tema sesuai kebutuhan masing-masing. Berdasarkan judul diskusi yang dilakukan USENET dibagi menjadi beberapa newsgroup. Newsgroup merupakan media konferensi elektronik jarak jauh. Siapapun dapat mem-baca, memberikan komentar, dan memberikan informasi yang akan terbaca oleh siapapun pengguna newsgroup. Bisa diumpamakan layanan ini sebagai papan komunikasi yang ada di sekolahmu.

3. File Transfer Protokol (FTP)

http://materitik78.blogspot.com/
Fasilitas FTP memungkinkan pengguna komputer untuk menyalin atau memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain yang terhubung dengan internet. Dengan FTP kita bisa saling bertukar informasi dan data berupa file secara mudah dan murah, yaitu dengan cara menyalin (men-download) data dan informasi tersebut, baik berupa file teks, gambar, maupun suara. Server yang dapat dihubungi untuk didownload datanya sangatlah banyak sehingga untuk memudahkan sebaiknya kita mengetahui alamatnya. Server komputer yang dapat dihubungi ada dua macam, yaitu Anonymous FTP dan Private FTP. Anonymous FTP merupakan server komputer yang terbuka untuk umum dan dapat diakses oleh semua pengguna internet. Kamu dapat mengakses server ini dan men-download file-file secara gratis, sedangkan Private FTP merupakan server komputer yang hanya dapat diakses oleh mereka yang sudah mendaftar menjadi anggota server tersebut. Dengan kata lain, para anggota ini sudah mendapatkan user name dan password untuk mengakses server tersebut.

4. Telnet

Layanan Telnet memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk bisa terhubung dengan komputer lain seolah-olah langsung men-dial komputer tersebut. Kemudahan ini merupakan keunggulan Telnet dibandingkan FTP yang hanya mengizinkan pemakai untuk menyalin file dari dan ke server.

5. Internet Telephony dan Internet Fax

Layanan ini memungkinkan para pengguna internet untuk dapat berkomunikasi langsung dengan pengguna lain melalui media seperti telepon biasa. Layanan ini masih jarang digunakan karena mahalnya biaya perangkat yang harus ditambahkan. Layanan internet fax digunakan untuk mengirim faksimile melalui internet. Aplikasi ini mudah digunakan dan biaya yang dikenakan adalah biaya telepon lokal.
0 Komentar untuk "Layanan Lain di Internet beserta fungsinya"

Back To Top