Belajar Komputer | Materi TIK (SLTP, SMA, Perkuliyahan | Software dan Hardware | Jaringan Internet | Aplikasi dan Download

Pengertian Mesin Virtual Java

Pengertian Mesin Virtual Java ~ Mesin virtual sebenarnya bukan merupakan hal yang baru dalam dunia komputer. Mesin virtual biasa digunakan dalam dunia komputer untuk memecahkan beberapa masalah serius, namun sesungguhnya mesin virtual adalah nyata penggunaanya untuk pengguna komputer karena mesin virtual secara khas telah digunakan dalam program aplikasi yang biasa digunakan sehari-hari. Beberapa masalah tersebut misalnya pembagian hardware yang sama yang diakses banyak program atau untuk memungkinkan perangkat lunak agar lebih portabel di antara berbagai jenis sistem operasi. Dalam bab ini kita akan membahas tentang mesin virtual beserta penerapannya dalam sistem operasi, khususnya mesin virtual Java, yang dewasa ini sangat populer dalam ilmu komputer.
http://materitik78.blogspot.com/

Dasar logika dari konsep mesin virtual atau virtual machine adalah dengan menggunakan pendekatan lapisan-lapisan (layers) dari sistem komputer. Sistem komputer dibangun atas lapisan-lapisan. Urutan lapisannya mulai dari lapisan terendah sampai lapisan teratas adalah sebagai berikut:
  1. Perangkat keras
  2. Kernel
  3. Sistem program
Kernel, yang berada pada lapisan kedua, menggunakan instruksi perangkat keras untuk menciptakan seperangkat system call yang dapat digunakan oleh komponen-komponen pada level sistem program. Sistem program kemudian dapat menggunakan system call dan perangkat keras seolah-olah pada level yang sama. Meski sistem program berada di level tertinggi, namun program aplikasi bisa melihat segala sesuatu di bawahnya (pada tingkatan) seakan-akan mereka adalah bagian dari mesin. Pendekatan dengan lapisan-lapisan inilah yang kemudian menjadi kesimpulan logis pada konsep mesin virtual atau virtual machine (VM).
Tag : Perkuliahan
0 Komentar untuk "Pengertian Mesin Virtual Java"

Back To Top