Belajar Komputer | Materi TIK (SLTP, SMA, Perkuliyahan | Software dan Hardware | Jaringan Internet | Aplikasi dan Download

Cara Mencari (Search) File Pada Linuk Dengan Cepat dan Mudah

Cara Mencari File Pada Linuk Dengan Cepat dan Mudah ~ Sering kali, Anda harus mencari suatu file karena Anda lupa di mana Anda meletakannya. Hal itu tentu tidak mudah, terlebih lagi jika Anda tidak mengingat nama file itu. Untuk mengatasi hal seperti itu, Anda dapat menggunakan beberapa teknik pencarian. Pertama, Anda dapat mencarinya di direktori yang paling sering Anda gunakan untuk menyimpan file. Jika hal itu tidak membuahkan hasil, Anda dapat mencari berdasarkan ekstensi atau jenis file. Jika tetap ditemukan, Anda dapat memasukkan potongan nama file yang mungkin masih Anda ingat.

Sebagai contoh kasus, suatu hari Raida mengerjakan tugas menggunakan OpenOffice.org Calc. Tugas tersebut kemudian dia simpan dengan nama tugas_fisika.ods di direktori PR dengan path (arah file) /home/raida/sekolah/th0809/ tugas/fisika/pr. Hal itu berarti Raida menyimpan filenya jauh di dalam sub folder. Sayangnya Raida itu sendiri lupa dimana file itu ia simpan.

Untuk menemukan file tersebut, Raida dapat menggunakan menu Places → Search for file (Gambar di bawah ini). Pada tampilan yang muncul, kotak isian Name contains berguna untuk menuliskan nama file atau folder yang akan dicari Raida. Look in folder dipakai untuk memilih lokasi dimana Raida menyimpan file tersebut, misalnya di Home User, Desktop, File System, CDROM atau Other. Jika Raida memilih Other, maka dia dapat menentukan
letak folder yang lebih detail.
http://materitik78.blogspot.com/

Jika file tersebut belum ditemukan, Raida dapat menggunakan teknik pencarian seperti yang tampak pada Gambar di bawah ini.

http://materitik78.blogspot.com/

*.ods artinya mencari file yang ditulis menggunakan OpenOffice.org Calc dengan mengabaikan nama. Komputer akan menampilkan semua file yang ditulis menggunakan OpenOffice.org Calc yang terdapat di folder arief. Jika file tetap tidak ditemukan, Raida dapat naik ke tingkat folder paling atas yaitu File System (root).

http://materitik78.blogspot.com/

Look in folder = File System berarti lokasi pencarian adalah semua direktori yang ada di komputer tersebut. Langkah ini akan menjamin ada atau tidaknya file yang dicari, namun membutuhkan waktu yang lebih lama, terutama jika Raida sama sekali tidak mengingat nama filenya. Sebagai hasilnya, komputer akan menampilkan seluruh file yang ditulis menggunakan OpenOffice.org Calc dengan ekstensi ods. Cara pencarian berikutnya adalah dengan mengetikkan beberapa huruf yang diduga terdapat pada nama file. Contoh pencariannya diperlihatkan pada Gambar di bawah ini.

http://materitik78.blogspot.com/

Karakter fis*.ods artinya mencari suatu file yang mengandung kata fis dengan ekstensi ods. Proses pencarian ini akan sangat membantu karena ada sedikit petunjuk dari nama file sebenarnya, yaitu tugas_fisika.ods. Komputer akan menampilkan semua file yang mengandung kata fis (kemungkinan hasil yang ditampilkan adalah kata fish, fisik, fiskal, grafis dan lain-lain yang ditulis menggunakan OpenOffice.org Calc.
0 Komentar untuk "Cara Mencari (Search) File Pada Linuk Dengan Cepat dan Mudah"

Back To Top