Belajar Komputer | Materi TIK (SLTP, SMA, Perkuliyahan | Software dan Hardware | Jaringan Internet | Aplikasi dan Download

PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI INTERFACE

Pengertian dan Ciri-ciri Interface ~ Materi TKJ untuk kelas XI semester 2 ini akan membahas tentang program, yang pertama kita bahas tentang Interface. Interface adalah jenis khusus dari blok yang hanya berisi method signatureatau constant. Interface mendefinisikan sebuah signature dari sebuah kumpulan method tanpa tubuh. Interface mendefinisikan sebuah cara standar dan umum dalam menetapkan sifat-sifat dari class-class.

Untuk lebih mudah memahami, interface merupakan sekumpulan dari method-method yang dibuat, namun belum ada operasi di dalam tubuh method tersebut. Interface bisa diturunkan atau diwariskan kepada class yang ingin memakai method yang ada dalam masing-masing interface tersebut dengan keyword extends [interface yang didefinisikan]. Sebuah class dapat mengimplementasikan 1 interface yang sudah dibuat dengan keyword implement.

PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI INTERFACE

CIRI-CIRI INTERFACE


Ciri-ciri dari interface adalah sebagai berikut :

  1. Method interface tidak punya tubuh, sebuah interface hanya dapat mendefinisikan konstanta dan interface tidak langsung mewariskan hubungan dengan class lainnya, mereka didefinisikan secara independent.
  2. Tidak bisa membuat instance atau objek baru dari sebuah interface.
  3. Ciri umum lain adalah baik interface maupun class dapat mendefinisikan method. Bagaimanapun, sebuah interface tidak memiliki kode implementasi sedangkan class memiliki salah satunya.



1 Komentar untuk "PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI INTERFACE"

Back To Top