Belajar Komputer | Materi TIK (SLTP, SMA, Perkuliyahan | Software dan Hardware | Jaringan Internet | Aplikasi dan Download

Pengertian dan Macam-macam Alamat Broadcast

Pengertian dan Macam-macam Alamat Broadcast ~ Ada banyak yang sudah di bahas tentang Alamat IP untuk Jaringan Komputer seperti Alamat Network, Masking, Range Network, Alamat Private dan Public, dan lain-lain. Tapi sekarang artikel ini akan membahas tentang Pengertian dan Macam-macam Alamat Broadcast. Langsung saja ya gan kita bahasnya agar kalian bisa cepat memahaminya tentang alamat broadcast.

Pengertian dan Macam-macam Alamat Broadcast

Address ini digunakan untuk pengiriman informasi yang harus diketahui oleh seluruh host yang terdapat pada suatu jaringan. Pada komunikasi antar jaringan, alamat broadcast berlawanan fungsi dengan alamat jaringan. Alamat broadcast digunakan untuk pengiriman data yang mewakili seluruh anggota network untuk network lain. Jenis informasi yang di-broadcast biasanya adalah informasi routing.

Macam-macam Alamat Broadcast


Ada dua jenis alamat broadcast:
1. Local Broadcast
Alamat broadcast yang digunakan untuk menghubungi semua host yang ada didalam Local Area Network. Alamatnya adalah 255.255.255.255, Misal: Host dengan Alamat IP 167.205.9.35 atau 167.205.240.2, broadcast address-nya adalah 167.205.255.255 (alamat IP terakhir dari jaringan 167.205.0.0).

2. Direct Broadcast
Alamat Broadcast untuk jaringan tertentu yang didapat dari Alamat IP terakhir dari jaringan tersebut (formula broadcast address).

Sekian artikel ini menyampaikan tentang Pengertian dan Macam-macam Alamat Broadcast, semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah pengalaman.
0 Komentar untuk "Pengertian dan Macam-macam Alamat Broadcast"

Back To Top