Belajar Komputer | Materi TIK (SLTP, SMA, Perkuliyahan | Software dan Hardware | Jaringan Internet | Aplikasi dan Download

MATA RANTAI IPTABLES PADA FIREWALL

Mata Rantai Iptables Pada Firewall ~ Untuk membangun sebuah firewall, yang harus kita ketahui pertama-tama adalah bagaimana sebuah paket diproses oleh firewall, apakah paket-paket yang masuk akan di buang (DROP) atau diterima (ACCEPT), atau paket tersebut akan diteruskan (FORWARD) ke jaringan yang lain. Salah satu tool yang banyak digunakan untuk keperluan proses pada firewall adalah iptables. Program iptables adalah program administratif untuk Filter Paket dan NAT (Network Address Translation). Untuk menjalankan fungsinya, iptables dilengkapi dengan tabel mangle, nat dan filter.

http://materitik78.blogspot.com/

MATA RANTAI IPTABLES PADA FIREWALL

Jika tujuan paket adalah jaringan lain, maka paket akan difilterkan oleh aturan rantai FORWARD pada tabel filter. Jika perlu, paket akan diperiksa oleh aturan rantai POSTROUTING pada tabel nat, apakah paket berasal dari sumber yang mempunyai aturan NAT, yang dalam istilah firewall dikenal dengan istilah SNAT (source NAT). Dan jika tujuan paket adalah firewall, maka paket akan difilter oleh aturan rantai INPUT pada tabel filter. Selanjutnya paket akan mengalami proses lokal, paket tersebut akan di teruskan ke tabel INPUT untuk di proses firewall. Bila paket tersebut bertujuan untuk ke komputer lain yang berbeda jaringan, paket tersebut akan di teruskan ke kolom FORWARD.

SNAT digunakan untuk mengubah alamat IP pengirim (source IP address). Biasanya SNAT berguna untuk menjadikan komputer sebagai gateway menuju ke internet. Mangle pada IPTABLES banyak digunakan untuk menandai (marking) paket-paket untuk di gunakan di proses-proses selanjutnya. Mangle paling banyak di gunakan untuk bandwidth limiting atau pengaturan bandwidth. Fitur lain dari mangle adalah kemampuan untuk mengubah nilai Time to Live (TTL) pada paket dan TOS (type of service).

http://materitik78.blogspot.com/

http://materitik78.blogspot.com/

http://materitik78.blogspot.com/

Sesudah kalian mengetahui mata rantai iptables pada firewall, kalian juga harus mengetahui tentang Pengertian dan fungsi firewall di karenakan untuk mengetahui paket data dan mata rantai iptables itu dengan menggunakan Firewall. selain firewall kalian juga harus mengetahui tentang sistem keamanan jaringan, dan sistem operasi server. di materitik masih banyak materi-materi yang mungkin kalian ketahui di karenakan materitik mengandung isi-isi yang di peruntutkan hanya khusus dunia komputer dan internet selain itu juga ada cara membuat aplikasi sekaligus macam-macam aplikasi, dan cara membuat program sekaligus jenis-jenis programnya.

0 Komentar untuk "MATA RANTAI IPTABLES PADA FIREWALL"

Back To Top