Belajar Komputer | Materi TIK (SLTP, SMA, Perkuliyahan | Software dan Hardware | Jaringan Internet | Aplikasi dan Download

Pengertian dan Macam-macam Topologi Jaringan

TOPOLOGI JARINGAN

Topologi Jaringan adalah Hubungan fisik komputer dalam suatu jaringan terbagi menjadi beberapa macam. Macam-macam Topologi Jaringan antara lain :
1. Topologi bus
Pola topologi bus yaitu semua komputer terhubung ke jalur komunikasi utama. Informasi yang dikirim akan melalui semua terminal pada jalur komunikasi utama tersebut. Jika alamat yang tercantum dalam data atau informasi yang dikirim sesuai dengan alamat komputer yang dilewati, maka data atau informasi tersebut akan diterima dan diproses. Jika alamat tidak sesuai maka informasi akan diabaikan oleh terminal komputer yang dilewati.
http://materitik78.blogspot.com/
Keuntungan jika menggunakan topologi ini adalah menghemat jumlah kabel yang digunakan, rangkaian jaringan sederhana, dan mudah dikembangkan. Kerugiannya, antara lain terjadi kepadatan lalu lintas data. Jika terjadi kerusakan pada salah satu jalur komunikasi utama, maka jaringan tidak dapat berfungsi. Saat ini topologi bus sudah jarang digunakan lagi.
2. Topologi ring
Pola topologi ring merupakan cara menghubungkan komputer sehingga membentuk lingkaran atau loop. Setiap informasi yang diperoleh diperiksa alamatnya oleh terminal yang dilewati. Jika bukan untuknya, informasi dilewatkan sampai menemukan alamat yang benar.
http://materitik78.blogspot.com/
Kuntungan menggunakan topologi ialah dapat menghemat kabel. Adapun kerugiannya yaitu rentan terhadap kesalahan dan jaringan sulit untuk dikembangkan.
3. Topologi star
Topologi star merupakan pola hubungan komputer yang terpusat. Komputer pusat akan menyediakan jalur komunikasi khusus untuk dua terminal yang akan berkomunikasi. Sebagai contoh penggunaan topologi star ialah jaringan telepon.
http://materitik78.blogspot.com/
Keuntungan menggunakan topologi ini, antara lain pengembangan jaringan mudah dan tidak mengganggu bagian yang lain. Kontrol terpusat sehingga mudah mendeteksi kerusakan dan kesalahan. Kerugiannya adalah kabel yang digunakan terlalu banyak sehingga terjadi pemborosan.
0 Komentar untuk "Pengertian dan Macam-macam Topologi Jaringan"

Back To Top