Belajar Komputer | Materi TIK (SLTP, SMA, Perkuliyahan | Software dan Hardware | Jaringan Internet | Aplikasi dan Download

Pengertian Jaringan Komputer

JARINGAN KOMPUTER

Komputer dalam suatu jaringan dapat meng-gunakan fasilitas bersama-sama. Baik itu perangkat keras seperti printer dan modem maupun perangkat lunak seperti sistem operasi. Komputer, perangkat keras dalam suatu jaringan disebut juga node. Saluran transmisi untuk menghubungkan beberapa node tersebut disebut link. Dalam suatu jaringan yang kecil seperti dalam suatu gedung atau kampus umumnya digunakan saluran transmisi berupa kabel. Untuk jaringan dengan jangkauan yang sangat luas dan jarak yang jauh biasanya menggunakan saluran transmisi tanpa kabel, seperti gelombang radio, sinar laser, dan satelit.
http://materitik78.blogspot.com
Secara umum pengertian jaringan komputer adalah kumpulan komputer dan beberapa perangkat keras yang terhubung dalam satu kesatuan. Para pengguna komputer yang menggunakan jaringan dapat saling kirim data dan informasi. Selain itu, dapat juga menggunakan fasilitas seperti printer bersama-sama. Sebagai contoh sederhana, di sebuah rental komputer biasanya hanya disediakan satu printer saja untuk melayani beberapa komputer. Sehingga dengan demikian tidak perlu jumlah printer dalam suatu jaringan sama dengan jumlah komputernya.
0 Komentar untuk "Pengertian Jaringan Komputer"

Back To Top