Belajar Komputer | Materi TIK (SLTP, SMA, Perkuliyahan | Software dan Hardware | Jaringan Internet | Aplikasi dan Download

Cara Membuat Email Yang Benar

Untuk memiliki alamat e-mail kamu harus membuka layanan internet atau  layanan lain dari internet dulu dengan melalui URL, Internet Explorer, Mozilla ferefox, google chrome, dan kamu harus memperhatikan kemampuan layanan server e-mail, apakah memberi layanan e-mail 24 jam atau dalam jangka waktu tertentu, agar tidak akan menyulitkan kamu dalam mengakses internet. Jika pemakai adalah orang yang sering bepergian jauh, maka ia membutuhkan layanan e-mail yang dapat diakses kapan dan di mana saja. Bagi pemakai yang banyak berkirim atau menerima e-mail ataupun file-file dalam ukuran besar, maka ia membutuhkan ukuran mailbox yang cukup besar. 

Supaya kamu dapat memiliki alamat e-mail, kamu harus menghubungi situs penyedia layanan e-mail, baik gratis maupun bayar. Pada contoh ini, kamu akan membuat e-mail di plasa.com. yang menyediakan e-mail gratis. Langkah-langkah untuk membuat alamat e-mail di Plasa.Com adalah sebagai berikut.
  1. Aktifkan Internet Explorer, ketik www.plasa.com pada Address bar, lalu tekan Enter. Selanjutnya akan tampil halaman web plasa.com seperti gambar di bawah ini. Selanjutnya perhatikan kotak Plasa Mail, di dalamnya terdapat kotak isian user ID dan password bagi pengunjung yang sudah memiliki alamat e-mail di plasa.com. Sementara itu, bagi yang ingin membuat alamat e-mail baru, klik tulisan daftar yang ada di bawah kotak isian Plasa Mail.
    http://materitik78.blogspot.com/
  2. Selanjutnya, muncul tampilan formulir pendaftaran, mulailah mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh plasa.com sesuai dengan biodata kamu.
    http://materitik78.blogspot.com/
  3. Penulisan User ID dapat menggunakan huruf (a − z), angka (0 − 9), dan tanda (garis bawah, minus, dan titik). Selain itu, tidak dapat digunakan. Perhatikan gambar di bawah ini, User ID diisi dengan ujang_s. Membuat password harus yang mudah diingat, tetapi sulit ditebak oleh orang lain. Jika password yang dibuat diketahui oleh orang lain, maka orang tersebut dapat membaca surat-surat yang kamu terima.
    http://materitik78.blogspot.com/
  4. Setelah kamu selesai mengisi data diri, pada bagian terakhir lembar pendaftaran kemudian pilih pertanyaan, kemudian isi jawaban yang dapat mengingatkan jika suatu saat kamu lupa password-nya.
  5. Setelah selesai mengisi formulir pendaftaran, klik tombol Daftarkan. Apabila User ID yang kamu buat telah dimiliki orang lain, maka akan tampil informasi seperti gambar di bawah ini bahwa User tersebut telah ada sehingga kamu harus mengetikkan user ID baru.
    http://materitik78.blogspot.com/
  6. Kemudian User ID harus diganti dengan yang lain, perhatikan gambar di bawah ini User ID ujang_s telah diganti dengan u_sigarantang.
    http://materitik78.blogspot.com/
  7. Setelah User ID diganti dengan yang baru, lakukan langkah yang sama dengan langkah nomor yaitu klik tombol Daftarkan. Jika pendaftaran berhasil maka akan tampil halaman web seperti gambar di bawah ini, selanjutnya tekan tombol Klik Disini Untuk Login.
    http://materitik78.blogspot.com/
2 Komentar untuk "Cara Membuat Email Yang Benar"

Back To Top