Belajar Komputer | Materi TIK (SLTP, SMA, Perkuliyahan | Software dan Hardware | Jaringan Internet | Aplikasi dan Download

Pengertian dan Jenis-jenis Email

Sesudah kalian mengetahui tentang internet dan cara membuka sembuah halam web dengan melalui URL, Internet Explorer, dan New Windows kalian akan di beritau tentang E-mail (Surat Elektronik. Surat elektronik atau e-mail merupakan salah satu layanan di internet yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai surat elektronik.
http://materitik78.blogspot.com/

Melalui e-mail ini para pemakai internet dapat berkomunikasi, mengirim pesan, berita atau data berupa file sebagai lampiran tanpa menggunakan kertas. Dapat pula kamu menerima berita secara rutin dari grup diskusi atau mailing list yang sebelumnya kamu telah mendaftar. Supaya kamu dapat memiliki alamat e-mail, maka kamu harus menghubungi penyedia layanan e-mail di internet. Untuk dapat mengirim dan menerima e-mail, kamu harus memiliki alamat e-mail atau e-mail address terlebih dahulu. E-mail yang dapat kamu gunakan ada dua macam, yaitu:

Pengertian dan Jenis-jenis Email

  1. E-mail berbasis web, merupakan e-mail yang pada saat mengirim atau menerima pesan harus melalui sebuah situs web yang biasa disebut web mail. E-mail ini bersifat gratis dan menuntut untuk senantiasa terhubung dengan internet pada saat menggunakannya. Beberapa situs web yang menyediakan fasilitas e-mail gratis, antara lain www.yahoo.com, www.hotmail.com, www.plasa.com, www.lycos.com, dan lain-lain.
  2. E-mail berbasis client, e-mail yang membutuhkan perangkat lunak khusus untuk mengelolanya, seperti perangkat lunak Microsoft Outlook. Perangkat lunak ini menyediakan berbagai keperluan untuk menulis dan menyunting e-mail, sehingga dalam menggunakannya kita tidak perlu terhubung dengan internet, kecuali pada saat menerima dan mengirim e-mail saja.
Sebuah alamat e-mail secara umum terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama disebut mailbox atau kotak surat dan bagian kedua disebut mailserver atau komputer tempat kotak surat itu berada. Penulisan alamat e-mail secara umum, pola dasarnya adalah user_id@domain. Berikut ini beberapa contoh penulisan alamat e-mail, sneepadadaja@telkom.net, sneepadadaja@hotmail.com, sneepadadaja@gmail.com, dan sneepadadaja@plasa.com.
0 Komentar untuk "Pengertian dan Jenis-jenis Email"

Back To Top