Belajar Komputer | Materi TIK (SLTP, SMA, Perkuliyahan | Software dan Hardware | Jaringan Internet | Aplikasi dan Download

Pengertian dan Macam-macam Sistem Operasi Java

Pengertian dan Macam-macam Sistem Operasi Java ~ Kebanyakan dari sistem operasi yang ada dewasa ini dibuat dari kombinasi bahasa C dan bahasa assembly. Hal ini disebabkan karena keuntungan performa serta kemudahan dalam berinteraksi dengan perangkat keras. Kami menyebut ini sebagai sistem operasi tradisional.

Namun, akhir-akhir ini banyak usaha yang dilakukan dalam membuat sistem operasi berbasis bahasa pemrogramanan, terutama sistem operasi berbasis bahasa pemrograman Java, di antaranya adalah sistem operasi JavaOS yang telah merilis versi 1.0 dan juga JX. Perbedaan antara keduanya adalah pada fungsionalitas bahasa pemrograman yang digunakan. JavaOS sepenuhnya menggunakan fungsionalitas bahasa Java, sementara JX menggunakan gabungan fungsionalitas dari bahasa Java, C, dan assembly.
http://materitik78.blogspot.com/

Pengertian dan Macam-macam Sistem Operasi Java

1. Sistem Operasi JavaOS

JavaOS adalah satu-satunya sistem yang mencoba untuk mengimplementasi fungsi sistem operasi dalam bahasa Java secara lengkap. JavaOS mengimplementasi platform Java agar dapat menjalankan aplikasi atau applet yang mengakses fasilitas dari beberapa objek. Selain itu, JavaOS juga mengimplementasikan JVM dan lapisan fungsionalitas untuk windowing, jaringan, dan sistem berkas tanpa membutuhkan dukungan dari sistem operasi lokal. JavaOS mendefinisikan platform seperti halnya CPU, memori, bus, dan perangkat keras lainnya. Platform independen dari sistem operasinya disebut JavaOS runtime, sedangkan bagian platform yang non-independen dari sistem operasinya disebut JavaOS kernel.

JavaOS menyediakan lingkungan Java yang standalone. Dengan kata lain, aplikasi yang dikembangkan untuk platform Java yang menggunakan JavaOS dapat berjalan pada perangkat keras tanpa dukungan sistem operasi lokal. Selain itu, aplikasi yang ditulis untuk berjalan pada satu mesin tanpa adanya sistem operasi lokal dapat pula berjalan pada mesin yang memiliki sistem operasi lokal.

JavaOS terbagi menjadi dua, yaitu kode platform independen dan platform non-independen. Kode platform non-independen merujuk kepada kernel dan terdiri atas mikrokernel dan JVM. Mikrokernel menyediakan layanan menajemen memori, interupsi dan penganan trap, multithread, DMA, dan fungsi level rendah lainnya. JVM menerjemahkan dan mengeksekusi bytecode Java. Tujuan dari kernel adalah untuk meringkaskan spesifikasi perangkat keras dan menyediakan platform antarmuka yang netral dari sistem operasi.

2. Kernel JavaOS

Kernel JavaOS membutuhkan antarmuka untuk underlying machine dengan JVM. Hal ini memungkinkan kernel untuk menjadi lebih kecil, cepat, dan portabel. Beberapa fungsi yang disediakan oleh kernel di antaranya adalah: Sedangkan kode platform independen dari JavaOS merujuk pada JavaOS runtime. Runtime sepenuhnya ditulis dalam bahasa Java, yang memungkinkan untuk dijalankan pada platform yang berbeda. Java runtime terdiri dari device driver, dukungan jaringan, sistem grafik, sistem windowing, dan elemen lain dari Java API. Device driver mendukung komunikasi dengan monitor, mouse, keyboard, dan kartu jaringan.

3. Komponen JavaOS Runtime

JavaOS runtime terdiri dari fungsi spesifik sistem operasi yang ditulis dalam bahasa Java. Komponen dari JavaOS runtime di antaranya Device Driver, Jaringan TCP/IP, Sistem Grafik, dan Sistem Window.
Tag : Perkuliahan
0 Komentar untuk "Pengertian dan Macam-macam Sistem Operasi Java"

Back To Top