Belajar Komputer | Materi TIK (SLTP, SMA, Perkuliyahan | Software dan Hardware | Jaringan Internet | Aplikasi dan Download

Pengertian dan Macam-macam Perangkat Keras (Output)

Pengertian dan Macam-macam Perangkat Keras (Output) ~ Di dalam Materi TIK ada beberapa materi yang menyangkut salah satunya Sejarah TIK, Macam-macam alat TIK, Macam-macam komputer dan sebagainya. Topik sekarang mengenai Peranggkat di bedakan menjadi dua yaitu perangkat keras Input dan output. Kalau perangkat input sudah di jabarkan, sekarang penjabaran dari perangkat output

Pengertian dan Macam-macam Perangkat Keras (Output)

Proses Perangkat keras (Hardware) lainnya adalah perangkat keras Proses atau CPU (Central Processing Unit). Perangkat ini merupakan perangkat terpenting dalam komputer yang berfungsi mengontrol kerja keseluruhan sistem komputer. Perangkat proses di antaranya adalah Casing, power Supply, motherboard, Processor, memori, harddisk.

a. Casing

http://materitik78.blogspot.com/
Casing komputer adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan atau menempelkan periperal lain seperti, motherboard, power supply, optical disc drive, harddisk, dan lain sebagainya. Casing terdiri atas dua jenis, yaitu desktop (berbaring) dan tower (berdiri). Casing jenis tower memiliki 3 buah ukuran, yaitu Mini-Tower, Middle-Tower, dan Full-Tower. Pada umumnya, pada panel depan casing terdapat 2 buah tombol (switch). yaitu switch on/off untuk menghidupkan atau mematikan komputer dan switch reset untuk me-restart ulang komputer. Selain itu, ada 2 buah lampu indikator, yaitu lampu indikator power dan lampu indikator harddisk.


b. Power Supply

http://materitik78.blogspot.com/
Power supply adalah sebuah perangkat yang berfungsi menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan komputer yang terdapat di dalam CPU.

c. Motherboard

http://materitik78.blogspot.com/
Motherboard adalah tempat pertemuan segala kegiatan dalam sebuah komputer. Motherboard merupakan sebuah papan rangkaian utama komputer untuk memasang memory, prosessor, dan perangkat lainnya. Berikut ini beberapa tipe motherboard, yaitu motherboard Gigabyte EP55-UD4P, Intel DG31PR/B, Asus P5KPL-AM, dan Asrock 4Core1600P35-WIFI. Pada dasarnya motherboard tersusun atas komponen-komponen seperti pada gambar di bawah ini.

d. Processor / CPU (Central Prosesing Unit)

http://materitik78.blogspot.com/
CPU adalah otak dan pusat pengendali berbagai perangkat komputer. CPU memproses Instruksi, melakukan kalkulasi dan mengelola alur informasi yang keluar masuk komputer. CPU dikenal juga sebagai Microprosesor atau processor. Merk processor yang biasa digunakan di antaranya adalah Intel, IBM, dan Cyrix.
e. Memori
http://materitik78.blogspot.com/
Memori merupakan tempat penyimpanan data sementara di dalam komputer. Memori bekerja seperti papan tulis yang secara konstan dan konsisten ditulisi data baru. Data yang di simpan di dalam memori akan hilang pada saat kamu mematikan komputer. Kapasitas memori menentukan berapa banyak program yang dapat dijalankan pada saat yang bersamaan dan seberapa cepat program tersebut dapat dijalankan oleh komputer. Memori diukur dalam byte. Biasanya memori berukuran 32 MB, 64 MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB dan seterusnya. Makin besar kapasitas memori maka kecepatan komputer makin tinggi.
0 Komentar untuk "Pengertian dan Macam-macam Perangkat Keras (Output)"

Back To Top