Belajar Komputer | Materi TIK (SLTP, SMA, Perkuliyahan | Software dan Hardware | Jaringan Internet | Aplikasi dan Download

Macam-macam Aplikasi Pemrograman

Macam-macam Aplikasi Pemrograman ~ Bahasa pemrograman adalah perintah atau instruksi yang ditulis oleh manusia untuk komputer dan menggunakan kode-kode yang dapat dibaca oleh komputer. Dengan bahasa pemrograman, seorang programer akan lebih mudah mendefinisikan dan mengatur hal-hal yang akan dikerjakan oleh komputer. Banyak bahasa pemrograman yang telah dimanfaatkan dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi, antara lain C++, Pascal, Java, Assembly, Perl, Pyton, PHP, Basic, dan lain-lain.

http://materitik78.blogspot.com/

Selain aplikasi pemrograman ada juga aplikasi Grafis, Multimedia, Utility, dan ada banyak lagi yang lainya. semua macam-macam aplikasi itu bisa kalian dapati ketika kalian membuka Materitik78.blogspot.com, dan di dalam materi tersebut kalian bisa menemukan materi SLTP, SMA, dan materi perkuliyahan. masih banyak yang belum di sebutkan di Materitik78 kalau kalian ingin mengetahuinya sekarang buka dan cari apa yang kalian inginkan.

Untuk menulis perintah atau sintaks dalam bahasa pemrograman, Anda membutuhkan sebuah editor, baik editor visual maupun editor teks. Menu Programming pada GNOME berisi editor-editor semacam itu.

Macam-macam Aplikasi Pemrograman

1. Gambas

http://materitik78.blogspot.com/Gambas adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membangun aplikasi menggunakan bahasa Basic. Editor bahasa pemrograman ini bersifat visual. Gambas dikembangkan oleh BenoƮt Minisini sejak 1999 dan merupakan perangkat lunak bebas yang dirilis di bawah lisensi GNU/GPL. Fitur-fitur yang dimiliki Gambas mirip dengan fitur Visual Basic yang ada di sistem operasi Microsoft Windows. Dengan begitu, Anda yang terbiasa menggunakan Visual Basic tidak akan menemui banyak kesulitan saat menggunakan aplikasi gratis ini. Contoh aplikasi yang dibuat menggunakan Gambar adalah aplikasi point of sale yang dapat kita jumpai di kasir-kasir supermarket dan aplikasi pembelian tiket pesawat atau kereta

2. QuantaPlus

Untuk membuat halaman web, Anda harus menggunakan bahasa HTML (Hyper Text Markup Language). QuantaPlus merupakan salah satu editor bahasa HTML yang berjalan di sistem operasi Linux. Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan karena memiliki banyak fitur untuk mempercepat pembuatan objek tertentu, seperti tabel, frame, dan format tulisan dan lain-lain. Selain itu, QuantaPlus bersifat open source dan dapat kita peroleh secara gratis dengan mendownload di Internet.

http://materitik78.blogspot.com/

6 Komentar untuk "Macam-macam Aplikasi Pemrograman"

Back To Top