Belajar Komputer | Materi TIK (SLTP, SMA, Perkuliyahan | Software dan Hardware | Jaringan Internet | Aplikasi dan Download

PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM MEDIA TRANSMISI JARINGAN

Pengertian dan Macam-macam Media Transmisi Jaringan ~ Media transmisi jaringan adalah medium fisik yang merupakan penghubung antar host yang saling berkomunikasi, bisa berbentuk jalur tunggal dengan satu jenis media atau berupa satu sistem transmisi media. Secara teknis, prosesnya memanfaatkan gelombang elektro magnetik, yang selanjutnya dibedakan menjadi dua macam, yaitu media guided (wireline) dan media unguided (wireless).

http://materitik78.blogspot.com/


Pengertian dan Macam-macam Media Transmisi Jaringan


Media Guided adalah media transmisi yang melakukan pengiriman informasi/data menggunakan media yang tampak secara fisik, gelombang dipandu pengirimannya sepanjang jalur dimana sinyal disebarkan, meliputi Twisted pair, Coaxial Cable (tembaga) dan Fiber Optic. Pada media ini kualitas dan batasan jarak jangkau pengiriman ditentukan oleh fisik media seperti faktor bahan.

Media unguided mentransmisikan gelombang tidak tampak (cahaya/ gelombang elektro magnetik), namun tidak memandunya sekalian. Bentuk transmisi ini tidak memerlukan kabel sebagai penghantarnya. Udara bebas, atmosfer dan ruang angkasa (komunikasi satelit) merupakan contoh dari media un guided. Kualitas dan karakteristiknya lebih ditentukan oleh kualitas sinyal yang dihasilkan melalui antenna transmisi dibandingkan oleh medianya sendiri. Media ini memanfaatkan antenna untuk transmisi di udara, ruang hampa atau air. Teknik pentransmisian ini digunakan untuk komunikasi informasi mencakup radio siaran, gelombang mikro terrestrial dan satelit.

http://materitik78.blogspot.com/


Berdasarkan sinyal yang merupakan fungsi waktu, media transmisi dapat dikategorikan menjadi media kontinu dan diskrit (discrete). Media kontinu, adalah media dengan sinyal dimana intensitasnya berubah-ubah dalam bentuk halus sepanjang waktu, dengan kata lain tidak ada sinyal yang terputus (diskontinu), contohnya sinyal percakapan. Sedangkan media diskrit (discrete) adalah media dengan sinyal dimana intensitasnya mempertahankan level yang konstan selama beberapa perioden waktu dan kemudia berubah ke level konstan yang lain, dapat dicontohkan dengan biner 1 dan 0.


0 Komentar untuk "PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM MEDIA TRANSMISI JARINGAN"

Back To Top