Belajar Komputer | Materi TIK (SLTP, SMA, Perkuliyahan | Software dan Hardware | Jaringan Internet | Aplikasi dan Download

Sejarah Internet

http://materitik78.blogspot.com/
Internet pertama kali dikembangkan tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan nama ARPANET (US Defense Advanced Research Projects Agency). Hal ini dimaksudkan untuk membuat suatu jaringan komputer yang tersebar sehingga pemusatan informasi di satu tempat dapat dihindari, karena dikhawatirkan akan hancur pada saat peperangan. Dengan cara ini, diharapkan apabila salah satu jaringan putus, maka jalur yang melalui jaringan tersebut secara otomatis pindah ke jalur lain.

Awal tahun 1980-an, ARPANET terpecah menjadi dua jaringan yaitu ARPANET dan Milnet, tetapi keduanya masih dapat saling berkomunikasi. Jaringan interkoneksi ini dinamakan DARPA Internet, untuk selanjutnya disebut internet. Selanjutnya, internet mulai dikembangkan untuk kepentingan akademis dengan bekerja sama dengan beberapa universitas seperti UCLA, University of California at Santa Barbara, University of Utah, dan Stanford Research Institute. Perkembangan selanjutnya, internet dapat diakses melalui sarana komputer pribadi (PC) dengan dibukanya layanan Usenet dan Bitnet. Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu prosedur atau aturan yang disebut dengan Protokol. Protokol standar mulai diperkenalkan pada tahun 1982 dan dikenal dengan sebutan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protokol ini mengatur penggunaan format data, penanganan kesalahan lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. Protokol mampu bekerja pada semua jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.

Pada tahun 1986, ARPANET mulai digantikan oleh Jaringan National Science Foundation Network (NSFNET) yang menghubungkan para periset di seluruh Amerika dengan lima buah pusat super komputer. Jaringan ini kemudian dikembangkan untuk menghubungkan berbagaijaringan akademis lainnya yang terdiri atas universitas dan beberapa jaringan riset. Pada bulan Maret 1990, ARPANET resmi dibubarkan. Pada saat NSFNET dibangun, berbagai jaringan di beberapa negara didirikan dan bergabung dengan NSFNET. Negara-negara tersebut antara lain Australia, Inggris, Prancis, Jerman, Kanada, dan Jepang. Kemudian pada tahun 1990, CERN Laboratorium Fisika Partikel di Swiss, mulai mengembangkan World Wide Web berdasarkan proposal yang dibuat oleh Tim Berners-Lee. World Wide Web atau www merupakan layanan berbasis grafis, artinya informasi pada internet sudah dilengkapi dengan gambar. Pada tahun 1992, Pei Wei meluncurkan perangkat lunak untuk mengakses internet dengan nama Viola dan didistribusikan bersama CERN WWW. Kemudian, tahun 1993, InterNIC didirikan untuk menjalankan layanan pendaftaran nama domain. Sebuah sistem komputer yang terhubung secara langsung ke jaringan internet memiliki nama domain dan alamat IP (Internet Protocol) dalam bentuk numerik dan format tertentu sebagai pengenal. Pada saat itu Gedung putih mulai online di internet. Sekitar tahun 1994 penggunaan internet untuk bisnis pertama dipakai oleh perusahaan Pizza Hut. Adapun Internet Banking pertama kali digunakan oleh First Virtual. Setahun kemudian layanan akses internet bagi masyarakat umum dibuka oleh perusahaan Compuserve, America Online, dan Prodigy. Baru sekitar tahun 1994 internet mulai masuk ke Indonesia.
0 Komentar untuk "Sejarah Internet"

Back To Top