Belajar Komputer | Materi TIK (SLTP, SMA, Perkuliyahan | Software dan Hardware | Jaringan Internet | Aplikasi dan Download

Pengertian Internet dan Intranet

http://materitik78.blogspot.com

A. PENGERTIAN INTERNET

Istilah internet berasal dari bahasa Latin inter, yang berarti “antara”. Secara kata per kata internet berarti jaringan antara atau penghubung. Artinya internet adalah jaringan berjuta-juta komputer di seluruh dunia, yang terhubung dengan menggunakan protokol TCP/IP. Dengan internet, kamu bisa berkomunikasi dan mendapatkan informasi dari jutaan situs web yang tersebar di seluruh dunia.
http://materitik78.blogspot.com
Internet seperti sebuah perpustakaan raksasa yang dapat memberikan berbagai informasi yang kita butuhkan, baik berupa tulisan, gambar, maupun multimedia. Sekarang melalui internet, kita bisa melakukan jual-beli, seorang pelajar dapat dengan mudah mencari informasi ke seluruh perpustakaan yang ada di dunia, atau bahkan seorang mahasiswa tidak harus pergi ke kampusnya karena kuliah dilakukan secara online. Layanan internet meliputi: komunikasi langsung seperti chatting; diskusi seperti e-mail, millis; informasi yang terdistribusi seperti situs web, transfer file (FTP) serta masih banyak lagi layanan yang lainnya.

B. PENGERTIAN INTRANET

Intranet merupakan jaringan komputer seperti internet yang menggunakan TCP/IP. Perangkat yang digunakan intranet sama juga dengan perangkat yang digunakan internet. Perbedaannya terletak pada jangkauan akses. Jika internet dapat diakses siapa saja, di mana saja di dunia ini, maka intranet hanya dapat diakses oleh orang, tempat, dan waktu tertentu saja. Biasanya intranet digunakan di suatu perusahaan atau lembaga. Ditujukan bagi karyawan dan pimpinan internal perusahaan, serta dibangun atas dasar kebutuhan perusahaan atau lembaga tersebut.
0 Komentar untuk "Pengertian Internet dan Intranet"

Back To Top