Belajar Komputer | Materi TIK (SLTP, SMA, Perkuliyahan | Software dan Hardware | Jaringan Internet | Aplikasi dan Download

PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS KABEL COAXIAL

Pengertian dan Jenis-jenis Kabel Coaxial ~ Jenis kabel yang di gunakan untuk konektor itu ada 3 (tiga) yaitu Kabel Serat Optik, Kabel Twisted Pair, dan Kabel Coaxial. Dari beberapa jenis kabel tersebut mempunyai kegunaan, keunggulan dan kelemahan, tidak ketinggalan pula cara masang kabel untuk konektor juga berbeda-beda. Sebelum artikel ini ada artikel yang lain yang menjelaskan tentang kabel konektor, langsung saja gan pembahasan sekarang mengenai Kabel Coaxial, Kabel jenis koaksial mempunyai dua penghantar yang ada didalam kabel yang disebut dengan Outer (penghantar bagian luar) dan Inner (penghantar bagian dalam). Kabel koaksial dikenal dengan sebutan kabel Coax, Coax sendiri merupakan singkatan dari COmmon AXis (Poros Bersama).

http://materitik78.blogspot.com/

Pengertian dan Jenis-jenis Kabel Coaxial


Terdapat dua jenis kabel coaial dilihat dari fisiknya, yaitu Thick Coaxial dan Thin Coaxial. Kabel jenis Thin Coaxial mempunyai diameter lebih kecil dibanding Thick Coaxial dan lebih lentur sehingga lebih memudahkan untuk wiringnya, akan tetapi jarak jangkau maksimalnya lebih pendek Hal ini dikarenakan karakteristik dari kabel tembaga.

Untuk memfungsikan kabel ini dalam transmisi informasi, diperlukan konektor untuk segmentasi kabel, konektor yang digunakan disebut konektor BNC (Bayonet Nut Connector) atau N Connector (Male/ Female). Kabel jenis ini mempunyai keunggulan dalam implementasi jaringan komputer, diantaranya adalah:


  1. Mempunyai kekebalan sehingga tidak sensitif terhadap interferensi elektromagnetik.
  2. Dalam transmisi datanya dapat mendukung bandwidth tinggi
  3. Jarak jangkau yang lebih jauh dibandingkan dengan kabel twisted pair.


Kekurangan yang dapat dijadikan pertimbangan dalam implementasinya, yaitu relative cukup mahal untuk implementasinya. Selain pengetahuan mengenai jenis kabel ada buanyak yang belum kalian ketahui di Webset Materitik78.blogspot.com di antaranya

  1. Download macam-macam Aplikasi
  2. Download macam-macam driver
  3. Cara menginstall
  4. Cara Membuat Program
  5. Macam-macam antivirus
  6. Perlengkapan Blogger
  7. Materi dan soal-soal mengenai TIK, TKJ, dll.

http://materitik78.blogspot.com/

Dari keterangan di atas itu belum semuanya gan, lebih detailnya kalian tetap mengunjungi Webset ini, di karenakan web ini kalau mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi tidak akan rugi kan, di jamin puas lo gan.


0 Komentar untuk "PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS KABEL COAXIAL"

Back To Top