Belajar Komputer | Materi TIK (SLTP, SMA, Perkuliyahan | Software dan Hardware | Jaringan Internet | Aplikasi dan Download

PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER

Pengertian dan macam-macam Perangkat Jaringan Komputer ~ Untuk mewujudkan jaringan komputer dengan topologi tertentu diperlukan perangkat fisik. Perangkat ini dipasang berdasarkan fungsinya pada jaringan lokal atau luas. Perangkat yang digunakan untuk interkonesi pada LAN, tergolong pada tiga jenis, yaitu Hub, Switch dan Bridge, walaupun secara kinerja Hub dan Switch dapat dianggap sebagai bridge. Sedangkan Perangkat yang digunakan untuk interkoneksi pada WAN diantaranya adalah RouterWAN Switching, Modem dan Server Komunikasi.

Berdasarkan fungsi satuan dari hardware/perangkat jaringan komputer, maka terdapat beberapa perangkat yang mempunyai dominasi penggunaan di lapangan, diantaranya adalah :
  1. Host
  2. NIC
  3. Modem
  4. Hub
  5. Switch
  6. Router
  7. Bridge
  8. Repeater
PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER

Pengertian dan macam-macam Perangkat Jaringan Komputer


1. Host
Host atau dalam beberapa penggunaan disebut terminal, adalah perangkat yang digunakan oleh user dalam menjalankan software aplikasi jaringan komputer

2. NIK
Untuk memfungsikan PC Stand Alone agar dapat berkomunikasi dengan PC yang lain, maka diperlukan Network Interface Card (NIC) untuk menghubungkan PC dengan media yang digunakan.

3. Modem
Perangkat modem ini merupakan salah satu jenis bridge, yaitu perangkat yang bekerja untuk menghubungkan computer personal dengan atau pada media yang berbeda,. Perangkat ini adalah perangkat jaringan komputer yang digunakan untuk koneksi Wide Area Network (WAN).

4. Hub
Saat ini hub tidak banyak digunakan, karena fungsinya, bahkan yang lebih baik (secara teknis) telah ditawarkan oleh perangkat lain seperti switch. Dari sisi ekonomis-pun switch mempunyai harga yang bersaing dengan hub.

5. Switch
Bentuknya sangat sulit dibedakan dengan hub, karena keduanya mempunyai konfigurasi fisik yang sama. Perbedaannya terlihat dari unjuk kerjanya. Pada switch, jalur virtual akan terbentuk ketika dua port saling berkomunikasi, dan tidak akan mengganggu komunikasi antar port yang lain.

6. Router
Router adalah perangkat jaringan komputer yang menghubungkan host pada jaringan yang berlainan. Fungsi utamanya adalah melakukan IP Forwarding, yaitu proses meneruskan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lain yang menjadi tujuan paket data, sehingga apabila dilihat dari model referensi, perangkat jaringan komputer ini bekerja pada lapisan network.

7. Bridge
Bridge adalah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan antar host/terminal jaringan secara fisik dapat menghubungkan media wireline dengan sesame wireline atau dengan media wireless, sehingga apabila dilihat dari model referensi TCP/IP, perangkat ini bekerja di lapisan fisik.

8. Repeater
Repeater adalah perangkat jaringan komputer yang bekerja pada lapisan fisik model referensi. Perangkat ini merupakan pelengkap dari fungsi kerja media jaringan, yaitu untuk mengatasi keterbatasan daya pancar dari media tersebut.


Perangkat ini ditempatkan di tengah media pada saat daya pancarnya melemah, Dengan penggunaan perangkat ini, maka kekuatan sinyal yang diterima oleh repeater akan dikuatkan kembali, sehingga output dari repeater akan memancarkan sinyal dengan daya pancar kurang lebih sama seperti dengan yang dipancarkan oleh host pengirim, bahkan dapat lebih besar. Repeater ini dikenal juga dengan sebutan power amplifier.

http://materitik78.blogspot.com/




6 Komentar untuk "PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER"

Lengkap, jelas dan sangat mudah memahaminya. makasih artikel nya.. :)

Sama" gan, Alhamdulillah kalau bermanfaat

silahkan kunjungi Pengertian Jaringan Komputer dan macam-macam Jaringan Komputer
portofolio arga yudha adhiprama, kunjungan baliknya gan.

Back To Top