Belajar Komputer | Materi TIK (SLTP, SMA, Perkuliyahan | Software dan Hardware | Jaringan Internet | Aplikasi dan Download

Pengertian dan Fungsi Proxy Server

Pengertian dan Fungsi Proxy Server ~ Proxy Server adalah server yang berfungsi untuk mengatur lalu-lintas data sekaligus untuk layanan aplikasi dari sisi content filtering. Hal ini dimungkunkan karena Proxy Server merupakan turunan dari Firewall, yang dapat memberikan layanan keamanan akses data khususnya untuk aplikasi berbasis web, dengan memanfaatkan Access List (ACL). Proxy server dapat dikonfigurasi dengan menggunakan layanan squid, terutama pada sistem operasi berbasis Linux.. Untuk memanfaatkan aplikasi squid, maka ada dua hal perlu dilakukan yaitu instalasi dan konfigurasi (tuning).

Pengertian dan Fungsi Proxy Server

Pengertian dan Fungsi Proxy Server

Proxy dengan Squid mempunyai dua fungsi aplikasi yang ditawarkan, yaitu:

  1. Cache, yaitu layanan yang dapat menyimpan log koneksi dari aplikasi klien berbasis web.
  2. Access List, yaitu layanan untuk keamanan tingkat lanjut bagi administrator jaringan yang akan memanfaatkan layanan server proxy ini.
Pada bagian ini diatur network mana yang diperbolehkan untuk memanfaatkan server ini, sampai filtering bagi tujuan aplikasi berbasis web. Konfigurasi default sebagai hasil dari instalasi awal aplikasi squid sudah dapat difungsikan untuk fungsi Cache, namun untuk effisiensinya diperlukan pengaturan lanjut yang disesuaikan dengan jaringan yang akan memanfaatkan layanan proxy server ini baik sebagai cache maupun untuk filtering koneksi.

Proxy dengan squid sebaiknya diterapkan pada mesin dengan spesifikasi relatif tinggi agar dapat melayani klien dengan optimal. Fungsi Memory dan media penyimpanan untuk cache disarankan dipasang dengan kapasitas maksimal. Hal ini disebabkan karena fungsí layanan proxy ini harus bekerja tanpa henti dan harus dapat menyimpan cache maksimal. Pengaturan tambahan berupa tuning partisi maupun penjadwalan proses sangat dianjurkan untuk rotasi penyimpanan log dari cache.


0 Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi Proxy Server"

Back To Top