Belajar Komputer | Materi TIK (SLTP, SMA, Perkuliyahan | Software dan Hardware | Jaringan Internet | Aplikasi dan Download

PENGERTIAN NOVELL NETWARE

Pengertian Novell NetWare ~ Novell NetWare adalah sebuah Network Operating System (NOS) yang menyediakan akses file, remote transparan dan berbagai layanan jaringan terdistribusi, seperti sharing printer, email transfer dan akses database. NetWare berjalan pada lima lapisan model referensi OSI, berjalan pada media protokol apapun mulai dari Layer 2. Selain itu, NetWare berjalan pada hampir semua jenis system komputer dari Computer ke mainframe. NetWare dan protokol pendukungnya sering hidup berdampingan di saluran fisik yang sama dengan banyak protokol populer lainnya, termasuk TCP / IP, DECnet, dan AppleTalk.

Pengertian Novell NetWare
Novell NetWare, diperkenalkan pada awal tahun 80an didasarkan pada Xerox Network Systems (Norton AntiVirus), didasarkan pada Arsitektur Client - Server Client. Novell NetWare mendukung permintaan layanan seperti akses file dan akses printer dari server. Arsitektur Client - Server Client juga mendukung akses remote transparan bagi pengguna netware melalui prosedur remote panggilan. Yaitu Sebuah prosedur panggilan yang dimulai ketika program Computer lokal pada client mengirimkan sebuah prosedur panggilan ke server. Kemudian server mengeksekusi prosedur remote panggilan tsb dan mengembalikan informasi yang diminta ke Client.

Kebanyakan protokol jaringan yang digunakan pada saat NetWare dikembangkan tidak mempercayai jaringan untuk menyampaikan pesan. J khas membaca file klien akan bekerja seperti ini:

  1. Membaca klien mengirimkan permintaan ke server
  2. Server mengakui permintaan
  3. Klien mengakui sambutan
  4. Server akan mengirimkan data yang diminta ke klien
  5. Klien mengakui data
  6. Server mengakui penghargaan.

Pengertian Novell NetWare

Semua permintaan berisi nomor urut, jadi jika klien tidak menerima tanggapan dalam jumlah yang tepat waktu yang akan mengirim ulang permintaan dengan nomor urut yang sama. Jika server sudah diproses permintaan itu akan mengirim ulang respon cache, jika belum punya waktu untuk memproses permintaan itu hanya akan mengirim data. Intinya ini adalah pengurangan 2/3 di lalu lintas jaringan dan latency yang terkait. selain itu ada juga sejarahnya Novell Netware.

0 Komentar untuk "PENGERTIAN NOVELL NETWARE"

Back To Top