Belajar Komputer | Materi TIK (SLTP, SMA, Perkuliyahan | Software dan Hardware | Jaringan Internet | Aplikasi dan Download

Macam-macam Layanan di Internet Beserta Fungsinya

Macam-macam Layanan di Internet Beserta Fungsinya ~ Dengan menggunakan internet sebagai alat mencari informasi dan sarana komunikasi, kamu akan semakin merasakan bahwa dengan menggunakan internet komunikasi tidak ada batasan ruang dan waktu. Kamu bisa berkomunikasi dengan warga negara lain hanya dalam beberapa detik saja. Manfaat lainnya, kamu bisa menyelesaikan berbagai tugas sekolah dengan internet sebagai sumber informasinya dan masih banyak lagi manfaat lain dari pelayanan yang diberikan internet. Program aplikasi internet sebagai bentuk pelayanannya berjalan di sebuah protokol tertentu. Protokol di sini, artinya satu set aturan yang mengatur bagaimana sebuah aplikasi berkomunikasi dalam suatu jaringan.
Berikut adalah beberapa pelayanan yang umumnya digunakan oleh para pemakai internet, antara lain: WWW (World Wide Web), e-mail, chatting, search engine, blog, dan layanan lainnya, seperti: Bulletin Board Service (BBS), USENET, File Transfer Protokol (FTP), telnet, Internet Telephony, dan Internet Fax.

Macam-macam Layanan di Internet Beserta Fungsinya

A. WWW (WORLD WIDE WEB)

http://materitik78.blogspot.com/
Pada saat ini WWW atau sering disebut Web saja adalah pelayanan yang paling populer. Web menyajikan informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain. Berdasarkan konsep hypertext yang tersimpan dalam internet webserver, artinya dokumen-dokumen di web dapat memiliki link atau sambungan dengan dokumen lain baik dari web server yang sama maupun dari web server yang lain. Dengan link ini, tentu sangat memudahkan kita untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain atau dari server satu ke server lainnya hanya dengan cara mengklik saja. Dapat kamu bayangkan seberapa banyak informasi yang akan kamu dapatkan? Tentu tidak terbatas. Selanjutnya, konsep hyperteks dikembangkan menjadi hypermedia yaitu suatu teks tidak hanya dikaitkan dengan teks suatu dokumen lain, tetapi juga dengan gambar, suara, video, animasi, dan multimedia lainnya.
Seiring dengan berkembangnya internet di seluruh dunia jumlah situs web yang bisa diakses sudah mencapai miliaran halaman web. Untuk lebih memudahkan pencarian informasi dari situs web tersebut sekarang disediakan fasilitas yang disebut search engine. Kegiatan pencarian atau penjelajahan situs web disebut browsing atau surfing.

B. E-MAIL

http://materitik78.blogspot.com/
E-mail atau electronic mail adalah layanan internet untuk mengirimkan surat dengan media elektronik. Dengan fasilitas ini kita bisa berkirim surat dalam bentuk teks hanya dengan beberapa detik saja. Pengirim cukup memasukkan alamat yang dituju tanpa harus memakai prangko ataupun pergi ke kantor pos. Syaratnya pengirim dan penerima harus sama-sama memiliki alamat e-mail.
Fasilitas e-mail menyediakan sebuah mailbox atau kotak surat yang tersimpan di dalam mail server sehingga sewaktu-waktu kita bisa mengecek surat yang masuk, membalas surat, menghapus, ataupun mengeditnya. Selain itu, layanan e-mail memungkinkan kita untuk dapat mengirim lampiran teks atau gambar dalam bentuk file dengan perintah file attachment. Layanan e-mail terbagi menjadi dua kelompok, yaitu e-mail berbasis client dan e-mail berbasis web. E-mail berbasis client mengharuskan penggunanya memiliki perangkat lunak e-mail client seperti Eudora atau Outlook Express. Kita bisa membaca atau mengedit e-mail dalam kondisi offline, artinya tidak terhubung dengan internet dan itu berarti kita bisa menghemat biaya. Koneksi hanya pada saat melakukan pengiriman saja. Sementara e-mail berbasis web, seluruh aktivitas penggunaan e-mail harus dilakukan melalui situs web dan itu berarti harus dalam keadaan online.

C. INTERNET RELAY CHAT (CHATTING)

Selain berkirim surat, kita juga bisa berkomunikasi atau ngobrol langsung dengan teman atau siapapun dalam waktu yang bersamaan dengan layanan chatting. Kita tinggal menentukan tema yang diminati selanjutnya kita bergabung dengan mengetikkan apa yang ingin kita obrolkan dengan menggunakan keyboard. Orang yang melakukan chatting disebut chatter. Chatting bisa dilakukan secara kelompok dalam suatu chatroom atau berdua saja dalam modus private. Semakin pesatnya perkembangan internet, aplikasi chat terus berkembang sehingga komunikasi tidak hanya dapat terjalin melalui tulisan atau suara saja, tetapi melalui gambar dan suara sekaligus (video conference). Kegiatan chatting membutuhkan software yang disebut IRC Client seperti salah satu contohnya ialah software mIRC.

D. SEARCH ENGINE

http://materitik78.blogspot.com/
Layanan search engine banyak digunakan oleh para pengguna internet. Begitu banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh para pengguna internet. Search engine atau mesin pencari, terdapat baik di suatu situs yang khusus maupun bagian dari situs tersebut. Layanan ini berfungsi untuk mencari informasi yang dibutuhkan para pengguna internet sesuai dengan kata kunci pencarian yang dimasukkan. Informasi yang dapat dicari bermacam-macam, mulai alamat situs web, alamat blog, berita, data, dan informasi lainnya, baik yang sudah lampau maupun informasi terkini. Dapat juga informasi yang dicari khusus berupa gambar atau foto. Biasanya untuk keperluan memenuhi tugas atau sebatas mencari tahu gambar yang dicarikan mudah dan cepat didapatkan. Beberapa situs yang menyediakan fasilitas ini, antara lain: Google, Altavista, Yahoo, Excite, Lycos, dan lain-lain. Salah satu mesin pencari yang banyak digunakan ialah Google. Tampilan google sebagai search engine ditunjukkan oleh gambar di atas.

E. LAYANAN BLOG

Setelah kamu berhasil membuat e-mail dan saling kirim e-mail dengan teman, mungkin nanti kamu juga akan sering mencari informasiinformasilain sesuai kebutuhan, yang tentunya berbagai informasi
menarik akan kamu jumpai. Coba kamu perhatikan ketika berada di situs tertentu, mungkin di situs tersebut akan ada link dengan situs lain yang mirip dengan nama seseorang. Situs tersebut dinamakan blog yang artinya situs pribadi. Dengan membuat blog, kita bisa menumpahkan semua ide, kreativitas, harapan, hobi, atau apa pun sesuai keinginan kita. Sehingga tak heran jika kita akan menemukan berbagai jenis blog, ada yang khusus memuat puisi, uneg-uneg sastra, khusus foto, artikel, hukum, lagu, film, filsafat, jurnalistik, dan masih banyak lagi. Blog juga sering dikatakan sebagai catatan harian pemiliknya. Hal ini disebabkan keleluasaan pemiliknya untuk mengisi blog tersebut sesuai kebutuhan sehingga setiap blog memiliki corak dan keunikan masing-masing.

Untuk membuat blog sangatlah mudah, pertama-tama kita harus membuat account dulu seperti kita membuat e-mail. Sebaiknya kita daftar di domain blog gratis seperti http:// www.bloger.com setelah selesai register/ sign up di http:// bloger.com, kita dapat mulai mengisi blog tersebut. Agar blog kita bisa dimanfaatkan oleh pengguna internet atau pemilik blog lain, tentu kita harus bisa mempromosikan blog kita caranya adalah:
  1. Daftarkan ke berbagai direktori blog, seperti http://materitik78.blogspot.com, dan http://materiumum78.blogspot.com. Caranya ikuti seluruh petunjuk di directory tersebut.
  2. Saling tukar link dengan sesama pemilik blog.
  3. Berkunjung ke blog lain.
  4. Aktivitas posting yang rutin.
  5. Selalu melukiskan alamat blog kita saat berkirim e-mail.
5 Komentar untuk "Macam-macam Layanan di Internet Beserta Fungsinya"

ya gak apa" ga, mohon ma'af kalau saya menaruh linknya tanpa adanya Confirmasi

Terimakasih ya gan atas informasinya, sangat bermanfaat

Back To Top